Harga Vario 150 Terbaru – Siapa yang tak kenal dengan mesin matic yang satu ini? Honda Vario 150 sering kita jumpai di jalanan. Mesin matic ini banyak memiliki penggemar dari berbagai kalangan karena selain harga mesinnya yang relatif terjangkau, Honda Vario 150 juga dinilai paling irit di kelasnya.
Selain irit, mesin matic 150cc ini juga memiliki desain keren yang menawan sehingga semua orang pasti ingin memilikinya. Apalagi, karena harga sepeda ini yang terjangkau, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk meminangnya.
Penjelasan Tentang Honda Vario 150
Honda Vario 150 merupakan skutik Honda pertama di Indonesia yang bermesin 150cc. Kemunculannya perdana di awal tahun 2015 cukup menarik perhatian publik, meski tak sedikit yang kurang antusias karena secara fisik terlihat sama dengan Vario 125.
Kehadiran Honda Vario 150 cc cocok dengan strategi khas Honda yang menempatkan produk dalam satu platform. diproduksi dalam model yang berbeda. Hasilnya sejauh ini cukup efektif. Sebut saja Honda Vario 125 sebagai turunan dari Honda PCX 125, Honda CB150R (naked) dengan Honda CBR150R (full fairing). Honda Vario 150 juga merupakan turunan dari PCX 150.
Perlu diketahui juga, Honda Vario 150 merupakan skutik bermesin 150cc pertama yang diproduksi di Indonesia. Saat itu, Honda Vario 150 otomatis menjadi produk skutik premium Honda sebelum digantikan PCX 150 yang akhirnya produksinya dilokalkan untuk menyaingi Yamaha Nmax.
Dari segi segmentasi, Honda Vario 150 harus bersaing dengan kompetitor sekelasnya yakni Yamaha Aerox. Fungsi Idling Stop System (ISS) yang dimiliki Vario 150 bukan milik Aerox. Teknologi ISS ini memastikan Vario 150 menghasilkan konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya yaitu 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3) dengan emisi gas buang yang melebihi standar emisi EURO 3.
Eksterior Honda Vario 150
Honda Vario 150 resmi dirilis di pasar dalam negeri dan siap memperkuat posisi PT Astra Honda Motor (AHM) di bidang skutik kelas atas.
Honda Vario diberikan desain baru yang lebih modern dan futuristik. Desainnya semakin sporty dengan lampu depan ramping dan menggunakan LED. Bagian belakangnya juga diubah menjadi lebih elegan.
Sepeda motor Honda Vario ini memiliki rangka underbone dan suspensi depan teleskopik. Suspensi belakang menggunakan swingarm suspensi tunggal. Fungsi suspensi adalah untuk mengurangi benturan ban pada berbagai permukaan jalan.
Ban depan berukuran 80/90 – 14M/C 40P tubeless, sedangkan ban belakang 90/90 – 14M/C 46P tubeless. Harga Vario 150 Terbaru
Sistem pengereman mesin Vario masih menggunakan rem tromol pada bagian belakang. Pada bagian depan dilengkapi dengan rem cakram hidrolik satu piston.
Desain
Honda Vario memiliki desain yang berani dan mencolok. Tampilannya dilengkapi dengan lampu depan LED berukuran besar, yang berada di atas lampu depan LED ganda yang besar dan tajam serta memenuhi hampir seluruh fasia depan. Penutup depan dan stang didesain agresif.
Pada bagian samping memiliki gaya yang lebih keren dengan floorpan yang tebal dengan scoop yang sporty. Skuter ini terlihat anggun dari belakang. Lampu belakang yang tebal dilengkapi LED, begitu pula lampu sein yang dipasang di spatbor. Jok depan dibuat berundak dan jok belakang tetap tipis, serasi dengan gaya keseluruhan.
Knalpot ini juga memberikan kesan sporty pada mesinnya yang ramping dan modern. Skuter ini menggunakan velg palang 5 berukuran 14 inci yang dibalut ban tubeless 90/80 dan 100/80 di bagian depan dan belakang. Honda Vario memiliki panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm.
Bagasi di bawah jok berkapasitas 18 liter yang mampu menampung helm full face dengan mudah. Untuk cluster instrumen, motor ini mendapat layar LCD full digital dengan latar belakang biru dan teks putih. Harga Vario 150 Terbaru
Ini menampilkan semua informasi real-time termasuk konsumsi bahan bakar, waktu, peringatan level pelumas dan baterai. Dengan sistem Smart Key, juga dilengkapi fitur keyless ignition, remote immobilizer dan sistem alarm anti maling.
Honda menawarkan Vario dalam tiga pilihan warna two tone, yakni Pearl Magellan Black (merah dan hitam), Pearl Nightfall Blue (biru dan abu-abu metalik), dan Force Silver Metallic (kuning dengan perak metalik). Selain itu, terdapat skema warna edisi REPSOL dengan logo sponsor yang mencolok dan velg berwarna oranye. Semua skema warna dihiasi dengan stiker keren dengan tulisan nama skuter di sampingnya.
Pengendaraan dan Handling Vario 150
Sistem suspensi Honda Vario 150 memiliki teleskopik di bagian depan dan peredam kejut satu sisi yang dipasang pada lengan ayun di bagian belakang. Skutik ini mudah bermanuver berkat wheelbase pendek 1280 mm, bodi ramping, dan bobot kering rendah 107 kg. Skuter ini menangani jalan yang tidak rata dengan baik dan memberikan pengendaraan yang nyaman.
Satu-satunya keluhan adalah ground clearance yang rendah, hanya 132mm, yang dapat mengurangi kecepatan dan menyulitkan menghindari lubang. Dengan tinggi 769mm, sadel ini juga nyaman bagi pengendara dengan segala ketinggian.
Bahkan orang yang lebih tinggi pun dapat duduk dengan nyaman berkat ruang kaki yang besar di bagian depan. Stang juga diatur pada ketinggian yang nyaman untuk posisi berkendara yang santai.
Meski demikian, secara dimensi masih bisa dikatakan seperti skutik pada umumnya, kurang layak disebut skutik gede seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX. Selain itu, bobotnya yang hanya 112 kg pun dirasa cukup membantu pengendara menguasai Honda Vario 150.
Mesin Honda Vario 150
Honda Vario 150 2021 memiliki konstruksi mesin yang sama yaitu 1 silinder, 4 tak, SOHC, berpendingin cairan, eSP dan dengan starter ACG. Diameter piston 57,3 mm dan langkah 57,9 mm, dengan rasio kompresi mesin 10,6:1. Sistem pasokan bahan bakar juga telah disuntikkan.
Mesin Honda Vario 150 menghasilkan tenaga maksimal 13 PS pada 8500 rpm dan torsi maksimal 13,4 Nm pada 5000 rpm. Untuk transmisinya, mesin tersebut dipadukan dengan gearbox otomatis V-Matic yang menyalurkan tenaga ke roda belakang. Respons throttle skuter ini bagus dari awal hingga akhir dan terdapat banyak tenaga di seluruh rentang putaran. Ini meningkatkan kecepatan secara terkendali dan linier.
Mesinnya halus dan bebas getaran seperti halnya Honda. Ia juga dilengkapi dengan Idling Stop System dari merek tersebut untuk mencegah pemborosan bahan bakar selama waktu idle yang lama. Bersama dengan PGM-Fi, penghematan bahan bakar Honda Vario yang sangat baik adalah 52 kmpl. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 110 km/jam.
Dari segi rem, Honda Vario 150 2021 hanya menggunakan rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Untuk menunjang sistem pengeremannya, skutik ini hanya dibekali Combi Braking System (CBS), tanpa ada fitur atau teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Fitur Keamanan Vario 150
Dari segi rem, Honda Vario 150 2021 hanya menggunakan rem cakram pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakang. Untuk menunjang sistem pengeremannya, skutik ini hanya dibekali Combi Braking System (CBS), tanpa ada fitur atau teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Kesimpulan
Honda Vario terbukti menjadi skuter matic yang unggul dan cocok untuk pengendara sepeda pemula, dengan harga yang terjangkau. Mesin yang menarik untuk dilihat, dilengkapi dengan baik, efisien, dan dipikirkan dengan matang. Jika Anda tidak terlalu menuntut ABS, maka motor ini cukup dapat diandalkan untuk Anda.