Sahabat Brandtalk,

Tahukah kamu bahwa Tipe Kertas dalam percetakan itu berpengaruh besar terhadap dalam kualitas cetak yang di hasilkan. Di dunia percetakan faktor kertas adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi hasil cetak. Dengan kita mengenal karakteristik kertas, , maka kita bisa lebih mudah melakukan kalkulasi dalam menentukan hasil akhir cetakan yang ingin dibuat.Pada  tulisan ini, sahabat brandtalk bisa mengetahui jenis-jenis kertas yang biasa di gunakan. Sebelumnya, sahabat harus mengetahui duli, dimensi dan Ukuran kertas yang beredar di pasaran.

Sebelum membawa materi cetak ke percetakan, sebaiknya pahami dulu tipe kertas dan dimensi kertas yang tersedia. Ukuran kertas di pasaran sudah mengikuti standar ISO yang terdiri dari ISO A, ISO B, ISO C, ISO D, ISO R, dan ISO F. Di Indonesia, standar ISO yang digunakan adalah ISO A, ISO B, ISO C, ISO R dan ISO F.

Dalam percetakan umumnya menggunakan ISO A seperti A6, A5, A4, dan lainnya. Ukuran Kertas adalah panjang dan lebar suatu kertas dalam satuan mm (milimeter), dan bisa juga dikonversikan menjadi satuan cm (centimeter) ataupun inchi (inci). Dalam hal ini ukuran kertas seri A berdasarkan standar internasional berlaku luas yang telah ditetapkan oleh ISO (International Organization for Standardization).

Ukuran Kertas Seri A, A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8, A9, A10

ukuran kertas standart ISO A -Brandtalk

Setelah mengetahui dimensi dan ukuran kertas, berikut macam-macam jenis kertas yang  di gunakan :

Macam Kertas

  1. Art Paper
  2. Art Carton
  3. Fancy Paper
  4. Corugated
  5. Ivory
  6. Kertas BW / BC / Manila
  7. Kertas Samson
  8. Kertas Duplex
  9. Jasmine
  10. Kertas Linen / Buffalo
  11. Kertas NCR
  12. Kertas HVS

 

Dalam dunia percetakan, banyak faktor yang mempengaruhi hasil cetak. Tidak hanya hardware ( mesin cetak atau printer) tetapi juga tipe kertas atau jenis kertas itu sendiri. Misalnya saja untuk mencetak gambar dengan resolusi tinggi, anda tidak bisa menggunakan jenis kertas dengan karakteristik yang tipis dan permukaan kasar, karena nantinya hasil cetak anda tidak sesuai dengan yang anda harapkan.

Karakter jenis kertas seperti dimensi (panjang, lebar, dan tebal), kerataan permukaan, dan kecocokan kertas dengan tinta yang digunakan adalah hal yang harus diperhatikan, mengapa? Karena setiap hasil desain yang ingin dicetak dan hasil yang diinginkan harus cocok. Jika tidak, anda akan melihat hasil cetak yang tak sesuai harapan.

Anda bisa menentukan jenis kertas apa yang ingin anda gunakan dengan mengetahui karakteristikya. Mulai dari kertas HVS hingga kertas glossy. Bisa di lihat dari peruntukkannya, untuk membuat kalender, poster, agenda atau brosur. Jenis dan tipe kertas yang di gunakan berbeda beda.

Dengan mengetahui karakteristiknya, anda bisa mendapatkan kualitas hasil cetak yang bagus dan meminimalisir biaya pengeluaran. Karena dengan menentukan jenis kertas yang cukup dengan hasil yang anda inginkan, anda tak perlu memilih kertas yang kualitas lebih dari cukup karena harga kertas tersebut pasti lebih tinggi dan anda akan mengeluarkan biaya yang tidak seharusnya anda keluarkan.

Itulah informasi mengenai kertas tipe atau jenis kertas  yang harus Anda ketahui sebelum mencetak. Jika ingin mencetak kalender dinding, poster, agenda, flayer, kartu ucapan maupun company profile. Anda tidak usah repot, Brandtalk advertising siap membantu menyelesaikan permasalahan anda.

di Brandtalk – Promotion Made Easy